Thursday 31 January 2013

SEKILAS TENTANG KAIN JEANS



Kain jeans sering kita jumpai di kehidupan sehari – hari, dari kata jeans juga pasti kalian sudah tidak asing lagi mendengarnya, banyak orang memakai kain jeans untuk bahan celana, jaket, sepatu dan masih banyak lagi produk yang terbuat dari kain jeans. Untuk Bandung sendiri kain jeans terkenal dengan celana jeansnya yang banyak kita jumpai di kawasan Cihampelas. Tapi apakah kalian tau sejarah dan jenis – jenis kain jeans yang ada di Indonesia maupun dunia? Baiklah kita bahas mengenai kain jeans.

Sejarah Kain Jeans
Pada tahun 1560 kain jeans pertama kali di buat di Negara Perancis, denim merupakan bahan utama untuk membuat kain jeans. Pada mulanya kain jeans ini di gunakan khusus untuk para pekerja tambang, di Negara Perancis sendiri celana yang menggunakan bahan kain jeans sering di sebut blue de genes (biru dari Genoa). Di Negara Italia kain jeans ini di gunakan untuk tentara angkatan udara (AU) untuk pakaian mereka.
Pada tahun 1840 celana jeans di kenal oleh masyarakat Inggris, lama kelamaan celana jeans di kenal oleh beberapa Negara salah satunya Negara paman Sam (Amerika) dengan merk celana jeans “Levi Strauss”. Levi Strauss ini di jahit oleh Jacob Davis yang berasal dari Negara Nevada. Levi Strauss kemudian di produksi masal dengan mendirikan pabrik celana jeans yang pertama kali di dirikan di dunia pada tahun 1880. Desain mulanya dengan nama Levi’s 501 yang di produksi khusus untuk pekerja tambang emas yang ada di Negara Amerika. Pada tahun 1930 jeans menjadi terkenal karena banyak para artis yang memakain celana jeans yang tampil di film koboi, hingga akhirnya celana jeans menjadi terkenal di kalangan para pria.

Kelebihan Kain Jeans
Selain karena kain jeans memiliki karakter yang unik sehingga kain jeans di minati oleh hamper semua kalangan muda saat ini, kain jeans juga bersifat mudah di bersihkan, karena debu sukar nempel di jenis kain denim, tak hanya itu kain jeans juga memiliki kelenturan yang cukup baik untuk bahan celana, jaket, tas dan lain sebagainya yang terbuat dari kain jeans. Dan kelebihan lainnya yaitu cocok hampir di semua fashion karena jenis kain ini memiliki warna yang kebanyakan homogen.

Jenis-Jenis Kain Jeans
Kain Jeans sering di sebut juga kai denim, berikut merupakan jenis – jenis kain jeans (denim)
a.      Dry Denim ( Raw denim )
Dry Denim ( kain jeans kering ) adalah jenis kain jeans yang sebelum proses pewarnaan  kain jeans tidak melalui proses pencucian kain terlebih dahulu. Pada dasarnya tak ada perbedaan antara denim yang sebelum masuk ke proses pewarnaan yang melalui pencucian dan yang tidak melalui pencucian, yang membedakannya adalaha jenis kain jeans ini lebih kaku di bandingkan jenis kain jeans yang lainnya, dan yang lebih unik lagi jenis kain jeans ini adalah warna kain akan memudar sesuai dengan lama waktu pemakainnya.
b.     PREWASH Denim ( kain jeans prewash )
Jenis jeans ini berbeda dengan kain jeans dry denim, dengan kata lain jenis denim ini mengalami pencucian terlebih dahulu sebelum masuk proses pewarnaan kain jeans, oleh karena itu jenis kain jeans ini memiliki sifat kain cendrung lebih lentur di bandingkan dengan jenis kain jeas dry denim. Tek hanya itu memudarnya jenis kain ini di bagian tertentu sesuai dengan desain yang sudah di buat.
c.    BLACK COATED Denim
Balck Coated denim merupakan jenis kain jeans yang di dalam kainnya mengandung bahan acrylic, bahan ini memiliki sifat mengawetka kain jeans agar lebih lama di gunakan oleh konsumen, kemudian kain jeans ini jika terkena gesekan maka akan membuat efek mengkilap pada kain jeans.
d.    SELVAGE/SELVEDGE Denim
Selvage meupakan jenis kain jeans yang tergolong jenis unggul di bandingkan dengan jenis kain jeans yang lainnya, selvage itu sendiri berasal dari kata self-edge yang memiliki arti membentuk ijing sendiri. Biar lebih jelasnya kita lihat gambarnya.

Hasil tenunan dari jenis kain jeans ini lebih rapat dan lebih berat, hasil nya bisa terlihat da gambar, hasil jahita menjadi rapi.
sebenarnya jenis kain jeans itu masih banyak lagi di pasaran, yang saya tulis di atas hanya sebagian kecil yang saya masukan, semoga dengan tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian. "terimakasih"

No comments:

Post a Comment