Saturday 2 February 2013

MENGENAL TENTANG KAIN KERUDUNG

 Sebagian besar kaum hawa muslim mungkin tidak asing lagi dengan kata kerudung, umat islam sendiri mewajibkan untuk memakai kerudung atau penutup aurat bagi kaum wanita,kerudung sendiri memiliki banyak model dan jenis bahannya, tapi apakah kalian tau jenis kain kerudung yang ada di pasaran? Dan kain kerudung jenis apakah yang cocok dengan kegiatan yang anda lakukan? sebelum menjawab pertanyaan di atas saya akan menjelaskan salah satu tempat produksi kerudung mulai dari pembuatan bahan mentah kain kerudung hingga menjadi kerudung siap pakai.
Bandung merupakan salah satu produsen kain kerudung yang ada di Indonesia, mulai dari bahan mentahnya sampai bahan siap pakai, Bandung merupakan tempatnya maka tidak heran di bandung harga kain kerudung dan kerudung  jadi memiliki harga yang murah dengan kualitas yang baik.
Kembali ke pertanyaan di atas, sebenarnya jenis kain kerudung dari hari ke hari sama saja bahan dasar kain kerudungnya, yang membedakan hanyalah motif, warna dan desain kerudung yang di rancang pencipta desain kerudung itu sendiri. Berikut merupakan jenis kain kerudung yang ada di pasaran:
a.       Kaos
Bahan ini memiliki kelemahan dan kekurangan di bandingkan dengan bahan lain, kelebihan dari bahan ini yaitu bahan kain kerudung ini sangat nyaman untuk di gunakan dan dapat menyerap keringat dan membuat nyaman rambut dan kepala, sedangkan untuk kelemahan kain kerudung ini adalah jenis bahan kain kerudung ini cepat melar dan mengendur, akan tetapi bahan kain kerudung ini sangat laku di pasaran, Bahan dasar kain kerudung ini yaitu katun atau serat kapas alam.
b.      Sifon
Jenis kain ini sudah di gunakan pada tahun 1902 sampai dengan sekarang,Jenis kain kerudung ini terbuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintetis.  Jenis kain kerudung ini memiliki sifat tipis, licin dan panas ketika digunakan untuk bahan kerudung jika tidak ada kombinasi lain dalam desain kerudung itu sendiri, biasanya kain jenis ini dalam pemakaian nya di ikuti oleh ciput dari bahan kaos. Meskipun demikian bahan kain kerudung ini cukup banyak di gemari oleh kaum hawa karena sifatnya yang ringan dan nge-flow. Kain sifon juga mempunyai banyak jenis diantaranya sifon polos ( yang biasanya terbuat dari bahan polyster /minyak bumi ) dan jenis sifon cerutti ( dari bahan sutra ). Bahan kain kerudung ini selain di gunakan untuk bahan kerudung, kain ini juga di gunakan untuk bahan dasar membuat pakaian wanita.
c.       Hycon
Kalo sekilas di lihat  kain kerudung ini tak tak terlihat berbeda dengan jenis kain kerudung sifon, kai kerudung sifon lebih licin dari kain kerudung hycon, akan tetapi Jenis kain kerudung ini memiliki sifat lebih lembut di bandingkan dengan jenis hycon, biasanya dalam pemakainya kerudung ini di tambahkan ciput sebelum di lapisi kerudung hycon.
d.      Voile
Jenis kain kerudung ini memiliki sifat hamper sama dengan bahan kerudung hycon, yaitu sama – sama memiliki sifat halus dan lembut, kain kerudung ini sangat cocok di gunakan waktu siang hari dan penggunaan nya pun harus menggunakan inner, meskipun demikian jenis kain kerudung ini memiliki sifat tidak lentur. Kain kerudung jenis ini terbuat dari bahan kapas tapi ada juga yang menggunakan bahsn dasar rayon, sutra maupun polyester
e.      Sutra
Kaum hawa pasti banyak yang menyukai jenis kain kerudung ini, kain kerudung ini memiliki sifat tipis dan lembut sehingga kain kerudung jenis ini tergolong cukup mahal di bandingkan dengan kain kerudung jenis lain.
paris
bahan ini terbuat dari bahan katun, kebanyakan hijaber menyukai bahan ini karena bahan ini nyaman digunakan serta harganya yang murah
f.        Spandex
Jenis kain kerudung ini biasa di sebut juga lycra, jenis kain ini memiliki sifat lebih adem dan melar, jenis kain kerudung ini lebih nyaman dari jenis kain kaos. Kain ini juga cukup mudah dalam proses pencuciannya, jenis kain kerudung ini banyak jenisnya dan yang paling menarik dari jenis kain ini adanya efek mengkilap, meskipun tidak semua jenis kain kerudung spandek memiliki efek mengkilap.
marcello
kerudung bahan ini biasanya berasal dari negeri cina (import) bahan ini hampir sama dengan bahan sifon perbedaannya terletak pada kehalusan kain, marcello lebih halus dari sifon sehingga penggunaan nya aga susah untuk diatur.
g.       Ceruty
Jenis kain ini memiliki tekstur yang elastis, karena dalam bahan dasarnya kain ini mengandung bahan sutra yang lembut, sehingga kain kerudung jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan, tekstrur kain kerudung ini seperti kulit jeruk.
 untuk produk krudung dari kain di atas bisa anda mengujungi kerudung sholeha

Itulah jenis kain kerudung yang ada di pasaran, tentunya masalah pemilihan kain kerudung bisa di sesuaikan dengan keinginan dan tujuan anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

1 comment: